Sejumlah anggota kepolisian Polsek Rate rate disiagakan untuk mengawal proses Pilkades Serentak di Koltim Foto: Istimewa Koran Sultra
Sejumlah anggota kepolisian Polsek Rate rate disiagakan untuk mengawal proses Pilkades Serentak di Koltim Foto: Istimewa Koran Sultra

TIRAWUTA, KORAN SULTRA– Tidak hanya pemilihan kepala daerah, seperti Pilgub dan Pilbup yang dikawal dan mendapatkan pengamanan dari polisi. Untuk pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dilaksakan, Rabu (21/12), tetap menjadi prioritas dari polisi dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Sudah menjadi tugas dan fungsi kita sebagai aparat Polri untuk menciptakan dan menjuaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) tetap kondusif. Seperti pelaksanaan Pilkades tetap kita menurunkan anggota polisi untuk melakukan pengamanan. Di wilayah saya ada 19 desa dari tiga Kecamatan yang menyelenggarakan Pilkades. Yakni, untuk Kecamatan Tirawuta ada Sembilan desa diantaranya Desa Roko-roko, Loka, Tirawuta, Simbune, Woiha, Tumbudadio, Lara, Matabondu, dan Desa Karemotingge. Sedangkan untuk Kecamatan Lalolae ada tiga desa yang bakal melaksanakan pemilihan secara serentak yaitu Desa Wesalo, Keisio, dan Desa Talodo. Sedangkan Kecamatan Loea ada 7 Kecamatan yaitu Desa Teposua, Mataiwoi, Lalowura, Lamoare, Tinomu, Iwoikondo, dan Desa Peatoa,” ujar Kapolsek Rate-rate AKP. M. Anton Bayangkara, Rabu (21/12).

Kapolres Kolaka dan Kapolsek Rate-rate saat berbincang bersama awak media di Polsek Rate rate Foto: Dekri/Koran Sultra
Kapolres Kolaka dan Kapolsek Rate-rate saat berbincang bersama awak media di Polsek Rate rate Foto: Dekri/Koran Sultra

Masing-masing desa tersebut, kata Anton, mendapatkan pengamanan 2 orang polisi. Kemudian ditambah dengan 1 orang kordinator di setiap desa. Jadi, jumlah personil polisi yang disiapkan untuk pengamanan Pilkades dari Polsek ada 19 anggota, dan 19 orang dari anggota Polres Kolaka. Pengamanan polisi di sana selain untuk kelancaran pelaksanaan Pilkades juga untuk menjaga tempat pemungutan suara (TPS) yang jumlahnya masing-masing ada 19 TPS di 3 Kecamatan tersebut.

Untuk situasi di tiga Kecamatan, sejak dimulainya tahapan sampai dengan menjelang pemilihan dalam kedaaan aman. Sebab, para calon yang akan bertanding itu berkampanye atau menyampaikan visi dan misinya secara bersamaan dan pada tempat yang sama secara bergantian. Karena lokasi pengamanan berbeda didekat wilaya hukum kami, maka anggota kita yang bertugas pengamanan sudah berada di masing-masing desa sejak sepekan lalu,” jelasnya.

Kontributor : Dekri
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here