Surat Keterangan lahir anak Wan dan Surat Nika nya Foto: Hendra
Surat Keterangan lahir anak Wan dan Surat Nika nya Foto: Hendra

KOLAKA, KORAN SULTRA–Sebuah Sekolah setingkat Menengah Pertama di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, sempat dihebohkan adanya kabar salah seorang anak laki-laki berstatus pelajar resmi namun sudah menjalankan pernikahan. Bahkan, kabarnya siswa tersebut adalah seoarang bapak dari anak balitanya.

Diketahui anak laki-laki itu bernama Wan, ia kini berstatus resmi sebagai siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MA) Negeri 1 kabupaten Kolaka.

Anak satu ini diketahui adalah pindahan dari salah satu Sekolah Menengah Pertama yang ada di Tanggetad. Dikabarkan anak ini dikeluarkan dari sekolah sebelumnya, karena ketahuan sudah menjalani pernikahan selama enam tahun terakhir.

Dari pihak Kepala sekolah MAN Kolaka yang dikonfirmasi, ikutan kaget. Bahkan ia berdalil, sebelumnya tidak mengetahui jika ada salah satu siswa di sekolahnya bersatatus sudah menikah dan punya anak balita.

“Saya baru tahu itu pak. Kalau ada murid di Sekolah saya ternya sudah menikah,” kata Kepala Sekolah MAN yang dikonfirmasi, Kamis (02/02) diruang kerjanya.

Wan yang ditemui untuk dimintai penjelasan terkait informasi tersebut pun, meninggalakan ruangan sekolah. Dengan alasan akan memanggil pamannya. Informasi yang dihimpun media ini, Paman Wan tersebut merupakan salah seorang guru di MAN Kolaka.

Di tempat terpisah, pihak sekolah, jul salah seorang guru di sekolah Madrasyah Aliayah Kolaka ( MAN ) Kolaka, yang di temui di ruang kerjanya kamis (2/2), mengakui jika siswa tersebut berinisial WW memang sudah pernah menikah dan sudah duduk di kelas 3, ” anak tersebut memang ada dan dia pindahan dari SMK Tanggetada, dan tinggal di rumah saya, namun sepengatahuan saya anak tersebut sudah cerai, ” tuturnya

Menurutnya pada dasarnya bahwa siswa yang sudah menikah atau hamil di luar nikah, itu harus di keluarkan, tak terkecuali dengan anak tersebut tetap itu harus di rapatkan seperti apa kepurusan nantinya, jelasnya

Melihat dengan ketatnya aturan yang di terapkan, di Sekolah Madrasyah Aliyah ( MAN) Kolaka, Masyarakat Kolaka tentunya tidak ingin adanya diskriminasi dalam sebuah aturan yang di terapkan di sekolah, namun akan tetapi Faktanya pihak guru tersebut yang sudah mengetahui siswanya tersebut sudah menikah dan memiliki anak, Masih saja terkesan mempertahankan siswa tersebut untuk tetap di pertahankan duduk di bangku sekolah, bahkan siswa tersebut tinggal bersama guru tersebut.

Oknum guru MAN1 kolaka itu melakukan pembelaan terhadap Wan, yang statusnya sudah terbongkar. Kata Oknum guru itu, Wan masuk Ke MAN1 Kolaka atas dasar Surat Keterangan Pindah dari Sekolah Menegah Kejuruan di Tanggetada, “Wan diterima itu atas dasar surat keterangan pindah dari SMK di tanggetada” ucapnya. Tidak tanggung oknum guru itu juga menambahkan, jangan asal mengangkat kasus ini tanpa ditelusuri penyebab nya katanya, kasus ini memang jadi makanan empuk Wartawan, “memang ini jadi makanan empuk wartawan” ujar dia pada Koran sultra di Ruangan Perpustakaan, 02/02.

Karena sudah terlanjur ketahuan status Wan sebenarnya, Siswa yang ditampung di rumahnya itu kemungkinan dikeluarkan dari MAN1 kolaka. Keputusannya berdasarkan hasil rapat Dewan Guru yang segera digelar. Wan tetap bersekolah hingga Lulus, atau Wan harus dikembalikan ke Orang tuanya, semua tergantung kebijakan Sekolah.

Kontributor : Hendra/Anto
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here