Sebelum ditahan, anggota DPRD ini melakukan pemeriksaan kesehatan Foto: Bensar
Sebelum ditahan, anggota DPRD ini melakukan pemeriksaan kesehatan Foto: Bensar

RAHA, KORAN SULTRA-Jika beberapa waktu lalu anggota DPRD Muna Darmin yang dijebloskan Kejari Muna ke Rutan Kelas II B Raha karena kesandung kasus penipuan, Kamis (9/2) pukul 15.10 giliran anggota DPRD Buton Utara (Butur) Herman Yanto SE alis Boby, yang dijebloskan Kejari Muna ke “hotel prodeo” .

Politikus Partai Hanura ini dijebloskan Kejari Muna karena terjerat kasus ilegal loging. Tersangka ditangkap tanggal 25 November sekitar pukul 6.00 di Desa Damai Laburona Kecamatan Banduguna Kabupaten Butur ,tahun 2015.

” Tersangka Herman Yanto alis Boby hari ini Kamis (9/2), kita tahan. Tersangka ditahap duakan yaitu penyerahan tersangka dan barang bukti dari penyidik Polda Sultra ke Kejari Muna. Tersangka kami tahan karena sudah memenuhi syarat okjektif dan subjektif. Kemudian untuk mempermudah persidangan di PN Raha,” kata Kajari Muna Badrut Tamam SH.MH.

IKLAN KPU

Kata Kajari tersangka terjerat kasus ilegal longging atas kepemilikan tanpa alas hak atas kayu jenis rimba campuran sebanyak 2010 batang. Hal ini tertuang dalam SPDP NO B/51/11/2015 tanggal 30 bulan November tahun 2015.

” disangkakan pasal. 83 ayat 1 hurub B jo pasal 12 huruf E UU RI nomor 18 tahun 2013, tentang pencegahan peberantasan kerusakan hutan, jo 55 ayat 1 ke 1 KHUP, ancaman hukumannya minimal 1 tahun dan maksimal 1 tahun. Sedangkan denda minimal Rp 500 juta dan maksimal Rp 2,5 miliar. Kasus ini pratunnya di Kejati Sultra, Kejari Muna melanjutkan pada tahap penuntutannya,” papar.

Pantauan media, anggota DPRD Butur dari Partai Hanura ini tiba di Kejari Muna sekitar pukul 11.10.Anggota komisi 2 DPRD Butur ini terlhat tiba di Kejari Muna dikawal sejumlah anggota polisi dan pihak Kejati Sultra. Tersangka langsung digiring masuk ke ruangan Kasi Pidum. Sebelum ditahan ke Rutan Raha dengan menggunakan mobil tahanan Kejari Muna, tersangka diperiksa kesehatannya oleh dr Tutut Purwanto. Terlihat juga pengacara tersangka dan keluarga, yang menanti tersangka di Kantor Kejari Muna, hingga tersangka dijebloskan ke Rutan.

Kontributor : Bensar
Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here