Pendatanganan Kedua Pihak Untuk Melakukan Penyelesain. Foto Asri Joni

Kolaka, Koransultra.com – Ketua Dewan Adat Moronene (DAM) Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara, Mokole Muhamad Patani Ali menghadiri kegiatan memediasi penyelesaian damai antara kedua belah pihak yang sebelumnya telah terjadi kesalah pahaman di Desa Lakito Kecamatan Toari Kabupaten Kolaka pada, Sabtu (5/01/2019).

Pertemuan yang berlangsung di kediaman Dayana, Tokoh adat Suku Moronene, Desa Lakito Kecamatan Toari, juga dihadiri Tokoh Adat suku Bugis yaitu H Yundu Daud, didampingi Sabaruddin selaku Camat Toari, Nasar selaku Kepala Desa Toari,Jasib.SE selaku Ketua Dewan Adat Moronene perwakilan Kecamatan Toari, Amir selaku Ketua Majelis Suku Moronene Nusantara, serta Rahman selaku tokoh Adat Moronene Kecamatan Toari.

Dalam musyawarah penyelesaian damai ini telah terjadi kesepakatan untuk dilakukannya prosesi Adat Moronene, dan telah di tandatangani oleh semua yang hadir dengan disaksikan oleh Kapolsek dan Kanitres Polsek Watubangga serta semua yang hadir dan kedua belah pihak akan bersama sama mencabut laporan kepolisian untuk selanjutnya akan dilakukan penyelesaian secara Adat Suku Moronene, sesuai mufakat yang nantinya akan di selenggarakan pada kamis 10/01/2019 mendatang.

IKLAN KPU
Musawarah Damai Dan Prosesi Adat Tanduale, Akan Dilangsungkan di Desa Lakito

“Segala sesuatu telah di sepakati, dan nantinya akan di lakukan suatu mekanisme yakni Prosesi sesuai Adat Mornene yaitu TANDUALE, untuk mengingat dan mengikat tali persudaraan antara Suku Moronene yang adalah Suku tertua di Sultra dan Suku suku yang ada Di Sultra,” kata Mokole Muhamad Patani Ali.

Kapolsek Watubangga Ipda Alamsyah Nugraha.SIK. mengutip keterangannya dihadapan yang hadir, mengapresiasi keputusan yang sudah di sepakati.

“Kami dari pihak Kepolisian berharap dengan adanya kesepakatan ini , tali persaudaraan kedua belah pihak akan semakin erat, dan selanjutnya marilah kita menjaga wilayah kita agar tetap aman dan damai,” katanya.

Musawarah Damai Dan Prosesi Adat Tanduale, Akan Dilangsungkan di Desa Lakito

Selanjutnya perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan prosesi adat kamis 10/01, juga akan di undang semua perwakilan Komunitas Suku lainnya yang ada di Kabupaten Kolaka.Dan musawarah berjalan dengan lancar aman tanpa ada kendala sesuai rencana kedua belah pihak.

Kontributor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here