Komisioner KPU Koltim Adly Yusuf Saepi

Tirawuta, Koransultra.com – Dua orang Calon Legislatif (Caleg) di Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) Jorgie Aditya Prawira asal Partai Nasdem dapil 1 nomor urut 4 dan Muhammad Iqra Caleg asal partai PPP dapil 1 nomor urut 5 dicoret oleh KPU Koltim.

Keduanya dicoret dari Daftar Calon Tetap (DCT) karena dinilai tidak memenuhi syarat untuk ikut dalam Pileg tahun ini sesuai Surat KPU Nomor 31/PL.01.4-SD/06/KPU/I/2019.

”Kami mencoret karen keduanya telah diberhentikan oleh pimpinan partai yang sebelumnya mengusung mereka,” terang Komisioner KPU Koltim Adly Yusuf Saepi, pada Koransultra.com.

Kata Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu itu, keduanya dicoret bukan karena lulus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

”Kalaupun keduanya lulus CPNS itu karena kebetulan saja rejekinya. Yang pastinya kedua Caleg tersebut telah mengundurkan diri dari Partai-nya jauh hari sebelum keluar pengumuman CPNS,” kata Dosen Fakultas Hukum Universitas Lakidende Non aktif ini.

Lebih lanjut Adly mengatakan, jika Pimpinan Parpol keduanya juga telah menindaklanjuti dengan memberhentikan Caleg tersebut sbagai Anggota Parpol yang kemudian menyurat secara resmi di KPU untuk mengeluarkan serta mencoret Caleg tersebut dari DCT.

”Jorgi Aditnya Prawira diberhentikan berdasarkn SK No 0114/SK/DPD Nadem-KLTM/IX/2018 tanggal 28 September 2018 yang ditandatangani oleh Ketua dan Skretaris Partai Nasdem Koltim,” ungkap Adly, Selasa (15/1/2019).

Sedangkan Muhammad Iqra Alfa, kata Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu itu, diberhentikan berdasarkan SK PPP No. 14/SK/DPC Koltim/XII/2018 tanggal 7 Desember 2018 yang juga ditandatangani oleh Pimpinan Parpol. Dengan dasar surat kedua pimpinan parpol itu, sehingga KPU Koltim mencoret keduanya.

”Sebelumnya kami telah lakukan klarifikasi terliebih dahulu kepada pimpinan porpol sesuai ketentuan regulasi yang ada,” tutup mantan Presiden Mahasiswa Universitas Sulawesi Tenggara tersebut.

Kontributor : Dekrit

Baca Juga : https://koransultra.com/2019/01/12/kpu-bakal-coret-caleg-koltim-yang-lolos-cpns/

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here