Komisioner KPU Koltim Adly Yusuf Saepi

Tirawuta, Koransultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) resmi mencoret dua Calon anggota legislatif (Caleg) dari daftar calon tetap (DCT) Pileg 2019.

Pencoretan nama Jorgi Aditya Prawira asal dapil 1 partai Nasdem dan Muhammad Iqra Alfa yang juga merupakan Caleg dari dapil 1 asal partai PPP itu, dilakukan melalui rapat pleno KPU, Senin (14/1/2019) kemarin.

Kendati demikian, nama kedua Caleg tersebut masih tetap ada di Surat Suara pada Pileg mendatang.

Komisioner KPU Koltim Adly Yusuf Saepi menerangkan, meski dua nama caleg sudah di coret dari DCT Pileg, akan tetapi untuk di surat suara kedua nama tersebut masih tetap ada.

”Nama Caleg tersebut masih terdapat didalam Surat Suara,” terang Kordiv Teknis Penyelenggaraan Pemilu ini.

Dijelaskan Adly, untuk mentaktisi hal tersebut, nantinya KPU Koltim bakal membuat surat sesuai tingkatannya dan selanjutnya KPPS mengumumkan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

”Jadi KPPS nantinya akan mengumumkan sebelum pelaksanaan pemungutan suara dimulai, bahkan sepanjang pemungutan suara berlangsung akan diumumkan bahwa Caleg tersebut sudah Tidak Memenuhi Syarat sebagai Calon lagi,” katanya.

Sedangkan jika Caleg tersebut memperoleh suara nantinya, kata Adly suara tersebut tetap dinanyatakan sah.

”Suaranya tetap dianggap sah, sebagai Suara Partai Politik yang mengusungnnya,” tutup mantan Tim Kuasa Hukum Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara itu.

Kontributor : Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here