Debat Publik Pemilu, KPU dan Bawaslu Diserang

Kendari, Koransultra.com – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Asril dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, La Ode Muhammad Hermanto, diserang pertanyaan oleh peserta diskusi publik, saat tampil sebagai pembicara yang bertemakan “ Menelaah Lorong Gelap Kampanye Pemilu 2019”.

Diskusi publik diselenggarakan Dewan Pimpinan Daerah Jurnalis Online Indonesia (DPD JOIN) Kota Kendari, bekerjasama dengan KPU Kota Kendari, Bawaslu Kota Kendari dan Dewan Pimpinan Pusat Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu (DPP PEKAT IB).

“Tujuan JOIN Kendari menyelenggarakan diskusi publik terkait kampanye Pemilu 2019, kami ingin mengambil bagian dalam memberikan informasi pendidikan politik kepada seluruh masyarakat, khususnya di Sulawesi Tenggara,” kata Ardin Sardin, Ketua Plt DPD JOIN Kota Kendari, saat membuka diskusi publik yang berlangsung di Claro Hotel Kendari, Sabtu (19/1/2019).

Debat Publik Pemilu, KPU dan Bawaslu Diserang

Hadir dalam diskusi publik, diantaranya Suleha Ketua Partai Berkarya Kota Kendari, Nasrun Latjinta Sekretaris Jendral DPP PEKAT IB, Mirkas Caleg dari PSI Kota Kendari, Fadli dari Partai Nasdem, Novar Aditya Praja Ketua Pemuda dan Olahraga DPP PEKAT IB. Diskusi dipandu Dr. Sensu.

Menghadapi pemilihan anggota legislatif dan pasangan presiden, tanggal 17 April 2019 mendatang, ini merupakan tanggungjawab semua pihak. “Termasuk jurnalis dalam menyajikan informasi sesuai fakta, akurat dan memenuhi kaidah penulisan berita,” ujar Gerson, sapaan akrab Ardin Sardin.

Sementara itu, Riswan ketua panitia diskusi publik menyebutkan, kegiatan diskusi ini dihadiri dari utusan partai politik (Parpol) yang berada di Kota Kendari. Seperti Partai Golkar, PSI, Nasdem, Berkarya, Demokrat, PBB, PKS, Hanura, Gerindra, Perindo dan PDI Perjuangan.

Selain dari parpol, juga hadir mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK), wartawan yang tergabung dari PWI dan AJI Kendari, IJTI Kendari dan JOIN Kendari.

Melalui forum diskusi publik yang berlangsung di Claro Hotel Kendari, Sabtu (19/1/2019), Asril komisioner KPU Kota Kendari menegaskan, peraturan perundangan-undangan peserta Pemilu sudah sangat jelas. “Kami sudah berkali-kali melakukan sosialisasi ke peserta Pemilu, terutama kepada pengurus Parpol di Kota Kendari dan calon DPD RI. Hanya memang masih saja ada yang ditemukan ketidakpatuhan mengikuti ketentuan peraturan yang sudah dikeluarkan, sehingga Bawaslu melakukan tindakan, sesuai kewenangan yang dimiliki dalam melakukan penertiban,” jelas Asril.

Asril menduga, adanya ketidakpatuhan Caleg dalam menempatkan APK, karena kesibukan sehingga informasi yang disampaikan melalui Parpol terkesan tidak diindahkan.

Mengenai adanya dugaan KPU dan Bawaslu, tidak sepaham dalam menerjemahkan pelaksanaan peraturan, ini ditepis oleh Hermanto Komisioner Bawaslu Kota Kendari. “Setiap penerapan peraturan atau ada pemasalahan yang terjadi, kami selalui berkoordinasi dengan KPU,” tegasnya.

Dibalik isu tersebut, Hermanto kemudian menjelaskan mengenai penertiban APK yang tidak memenuhi ketentuan peraturan. “Kami sudah melakukan penertiban, terutama di jalan-jalan utama. Kami memang tidak mampu menjangkau dilorong-lorong, terutama di pinggiran kota, seperti Purirano, Tondonggeu, Labibia,” jelasnya.

Agar pemasangan APK benar-benar tertib, Hermanto berharap agar seluruh komponen masyarakat ikut berpartisipasi dalam mengawal pelaksanaan tahapan Pemilu 2019. “Pemilu ini menjadi tanggungjawab kita bersama, bukan hanya KPU dan Bawaslu,” terangnya.

Sedangkan Najib Husein, pengamat politik regional Sultra, lebih banyak memberikan pencerahan kepada peserta utusan partai politik (Parpol) dan mahasiswa. Termasuk masyarakat dalam menentukan pilihan terhadap calon anggota legislatif (Caleg) yang benar-benar memiliki visi dan misi jelas.

“Saya melihat, banyak baliho memasang foto yang paling gagah atau cantik. Tapi tidak ada sama sekali menuliskan visi dan misi serta program menjadi Caleg. Padahal visi dan misi itu sangat penting untuk melihat kemampuan Caleg dalam membawa aspirasi masyarakat.

Kontributor : Aditya

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here