Kolaka, Koransultra.com – Alat Peraga Kampanye atau APK yang pemasangannya tidak sesuai norma milik sejumlah Calon Anggota Legislatif (Caleg) dan Calon anggota Dewan Pimpinan Daerah atau DPD di Kabupaten Kolaka menjelang Pemilu 2019 semakin marak.

Terkait maraknya APK tersebut, Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu Kolaka melakukan penempelan stiker khusus di APK peserta pemilu Sabtu, (23/2/19), sebagai bentuk peringatan bagi caleg yang melanggar aturan dengan sengaja memasang APK tidak sesuai dengan aturan yang ada.

“Kita tempelkan stiker khusus ini di APK yang dipasang oleh para Caleg dan DPD disembarang tempat atau tidak sesuai pada tempat yang disediakan, sebagaimana yang tertuang pada Surat Keputusan (SK) KPUD Kolaka Nomor 143/PL.03.4-Kpt/7401/KPU/X/2018 tentang Penetapan Lokasi pemasangan APK pada pemilu 2019,” kata Iswanto Komisioner Bawaslu Divisi Hukum, Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kolaka saat ditemui sedang menempel stiker khusus tersebut.

Menurutnya, Penempelan Stiker tersebut akan dilakukan pada semua APK dan bahan kampanye yang melanggar ketentuan, dan setelah 3 hari APK tersebut tidak di tertibkan oleh peserta pemilu, maka akan dilakukan penertiban sesuai aturan yang ada sebagaimana yang disebutkan pada Surat Edaran Perbawaslu No.1990/.K-Bawaslu/PM.00.00/Xl/2018 tentang pengawasan metode kampanye pemilu 2019.

Penempelan stiker khusus tersebut akan dilakukan disemua kecamatan yang ada di Kabupaten Kolaka, baik terhadap APK Caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRDKabupaten, DPD, Maupun pasangan Calon Presiden.

“Kita tempel kesemua APK milik peserta pemilu yang melanggar ketentuan yang sudah ditetapkan. Penempelan stiker khusus ini, sebagai bentuk peringatan sebelum dilakukan penertiban, untuk hari ini kita lakukan di Kecamatan Kolaka dan Latambaga. Sedikitnya 50 stiker yang kami tempel di APK milik peserta pemilu dan itu didominasi Caleg DPR RI, DPD, dan DPRD Provinsi,” ucap mantan jurnalis media cetak Sultra tersebut.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here