Perpustakaan Nasional sosialisai Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Sultra

Kendari, Koransultra.com – Perpustakaan Nasional melalui Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyelenggarakan Sosialisasi Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Hotel Zahra, Kendari pada Selasa (26/03)

Andi Sitti Aidah Selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan ini mempunyai maksud dan tujuan menumbuhkan semangat nasionalisme bagi generasi penerus bangsa dalam era informasi.

“Kegiatan ini untuk mensosialisaikan perpustakaan sebagai sarana untuk mencerdaskan serta sekaligus melestarikan nasionalisme indonesia,”ungkapnya kepada para peserta.

Ditempat yang sama, Dra.Janti Suksmarini, MM. selaku Kepala UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini menumbuhkan dan memantabkan semangat patriotisme dengan semangat demokrasi  serta bermanfaat tersosialisasikan semangat nasionalisme melalui Perpustakaan Proklamator Bung Karno.  

“Makam Bung Karno hanya mewariskan abu, tapi perpustakaannya mewariskan api yang mana akan selalu hidup dan memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat Indonesia,”ungkapnya.

Perpustakaan Nasional sosialisai Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Sultra

Perpustakaan Proklamator Bung Karno adalah perpustakaan kepresidenan, termasuk jenis perpustakaan khusus yang bertugas meningkatkan budaya dan peradaban indonesia
melalui pemikiran dan tindakan orang besar.

Tugas dari perpustakaan Bung Karno yakni mengkoordinasikan dan penyusunan kebijakan teknis, program serta pengendalian Unit Pelaksana Teknis, Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar, Pelaksanaan pegadaan, pengumpulan, pengelolaan dan pelestarian bahan pustaka dan non pustaka.

Pelayanan, kerjasama dan promosi perpustakaan, pelaksanaan tata usaha, rumah tangga dan perlengkapan perpustakaan, penelitian dan pengkajian bahan pustaka tentang Bung Karno.

“Perpustakaan Bung karno mengemban fungsi plus yakni selain menjalankan fungsi sebagai perpustakaan, museum dan juga pelestarian budaya bangsa,”ungkapnya.

Semangat Bung Karno dalam mempersatukan nusantara dan memerdekakan Indonesia harus kita gali melalui buku-bukunya merupakan api perjuangan, nasionalisme, idealisme dan patriotisme.

“Hal tersebut sesuai dengan visi perpustakaan
Nasional Republik Indonesia yakni terwujudnya indonesia cerdas melalui gemar membaca dengan memberdayakan perpustakan,” pungkasnya.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here