Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Sudah saatnya kita, mengingat, menghargai, dan belajar dari tokoh bangsa dimasa lalu, untuk membangun generasi muda Indonesia yang lebih baik. Demikian sepenggal pidato Ir. Soekarno pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961.

Pidato Founding Father Indonesia inilah menjadi salah satu musabab sehingga masyarakat Sulawesi Tenggara mengusulkan salah satu Putra terbaiknya SULTAN HIMAYATUDDIN yang pernah memimpin di Kesultanan Buton sebagai Sultan ke XX dan ke XXIII yang lebih di kenal dengan julukan OPUTA YI KOO guna ditetapkan sebagai pahlawan.

Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kota Baubau sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang memberikan perhatian dalam kehidupan berdemokrasi termaksud dalam kehidupan politik, pemerintahan dan pembangunan turut mengsupport langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang kini berupaya agar adanya Pahlawan Nasional dari Provinsi Sulawesi Tenggara, tutur Presidium JaDI Kota Baubau Dian Anggraini.

Dian Anggraini yang pernah menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Baubau selama 2 periode (2010 – 2018) menambahkan bahwa benar Provinsi Sulawesi Tenggara di usia ke 55 tahun sejak terbentuk pada 27 April 1964, hingga kini belum memiliki seorangpun Pahlawan Nasional. Padahal melalui catatan sejarah di negri ini, ada salah seorang pemimpin negri yakni SULTAN HIMAYATUDDIN yang tanpa kompromi menolak kerjasama dengan BELANDA.

Kamipun sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Bapak Ali Mazi yang telah berupaya maksimal agar SULTAN HIMAYATUDDIN (OPUTA YI KOO) diusulkan kepada Presiden Republik Indonesia untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional dari Provinsi Sulawesi Tenggara.

Semoga, upaya bersama Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara yang didukung oleh masyarakat dapat membiahkan hasil yang terbaik sekaligus menjadi kado istimewa bagi rakyat Sulawesi Tenggara pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 2019 nanti dengan ditetapkannya SULTAN HIMAYATUDDIN (OPUTA YI KOO) sebagai Pahlawan Nasional.

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here