Polsek Tirta Amankan Puluhan Motor Knalpot Bogar di Malam Takbiran

Laworo, Koransultra.com-Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Tiworo Tengah (Tirta), Kabupaten Muna Barat (Mubar) berhasil mengamankan puluhan pengendara motor yang menggunakan knalpot bogar pada saat malam takbiran menjelang hari raya idul fitri 1440 H/2019 M di sekitar tugu rambutan Desa Wapae Jaya, Tirta, Selasa (04/06/2019.

Kapolsek Tirta, Ipda M. Lauhil saat dijumpai media Koransultra.com mengatakan, sebelumnya sudah ada peringatan kepada seluruh pengendara motor di Daerah Tirta dan Tiworo Utara (Tirut) mengenai akan adanya razia knalpot bogar di malam takbiran.

“Sebelumnya pihak kami sudah menghimbau kepada masyarakat Tirta dan juga di daerah Tirut melalui media maupun secara langsung, bahwasanya kami tidak akan bermain-main dengan pengendara motor yang menggunakan knalpot bogar pada malam takbiran nanti”, jelasnya.

Uhil mengaku bahwa kegiatan razia tersebut juga merupakan permintaan dari masyarakat sekitar, dimana suara bising knalpot bogar sangat bising dan menggangu masyarakat.

“Jadi suara bising dari knalpot bogar ini sangat meresahkan , karena rata-rata masyarakat mengeluh, sebab pengalaman pada saat takbiran tahun-tahun sebelumnya, suara beduk dan takbiran itu sudah tidak kedengaran lagi, dikalah dengan suara bising knalpot bogar yang ikut dalam konvoi takbir keliling, oleh karena itu kami, jajaran Polsek Tirta, TNI , Pol. PP dan Dishub Mubar melakukan razia malam ini”, terangnya.

Uhil melanjutkan, tujuan dari razia knalpot bogar pada saat malam takbiran ini adalah adalah himbauan dan teguran awal untuk tidak lagi menggunakan knalpot bogar pada kendaraannya.

“Dengan adanya razia ini, maka kami harapkan kepada masyarakat untuk tidak lagi menggunakan knalpot bogar untuk selamanya dan memasang knalpot yang standar, dimana jelas dalam undang-undang lalu lintas ini melanggar”, harapnya.

Uhil mengungkapkan, bahwa pihaknya berhasil mengamankan 13 sepeda motor pada razia tersebut dan rata-rata pengendaranya rata adalah anak muda atau masih status sebagai pelajar.

“Jadi sejak sore tadi kami sudah berhasil merazia 5 sepeda motor dan malam ini kembali kami amankan 13 biji motor, dan untuk sanksinya kami masih tindak secara kekeluargaan yaitu kami hanya mencopot dan akan memusnahkan knalpot bogarnya dan menyuruh pengendara untuk mengganti dengan knalpot yang standar. strong

Sebenarnya masih banyak motor bogar yang terdengar dari kejauhan, akan tetapi jumlah personil kami juga terbatas maka yang kami razia adalah hanya yang melintas di sekitaran tugu rambutan”, kuncinya.

Kontributor: Dedi Setiawan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here