Bupati Buton La Bakri

Buton, Koransultra.com – Dua Desa di Buton Bentrok, Puluhan Rumah Hangus Terbakar

Bentrokan antar Dua Desa terjadi di Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi tenggara, mengakibatkan puluhan rumah serta kendaraan milik warga hangus terbakar, pada Rabu (5/6/2019).

Kedua Desa tersebut yakni Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya.

Cahken, salah satu tokoh pemuda setempat mengatakan aksi saling serang ini dipicu pengeroyokan serta pengerusakan motor milik salah satu pemuda Desa Sampuabalo yang diduga dilakukan oleh pemuda Desa Gunung Jaya.

“Saat itu, beberapa warga Sampauabalo sedang memotret kondisi Gapura yang dirusak oleh warga Gunung Jaya. Setibanya di TKP, anak tersebut langsung dikeroyok dan motornya dirusak,” katanya.

Selain itu lanjut dia, pemicu lain terjadinya bentrok tersebut saat seorang perempuan Siswi SMAN 2 Siotapina asal desa Sampuabalo, terkena lemparan batu di kepala hingga berdarah. Korban langsung dilarikan ke Puskesmas Siotapina untuk dilakukan perawatan.

“Beberapa waktu lalu masyarakat Desa Sampuabalo menyambangi Polres untuk meminta agar menangkap pelaku pelemparan namun belum ada hasil hingga hari ini,” katanya lagi.

Dia menuturkan sebelum terjadi bentrokan, Kepala Desa beberapa tokoh pemuda Sampuabalo ingin melakukan mediasi ke Desa Gunung Jaya. Namun, kedatangan mereka dihadang oleh warga menggunakan senjata tajam.

“Mereka (Kades dan tokoh pemuda Sampuabalo) dilukai dan mobilnya dirusak,” kata dia.

Tak terima dengan kekerasan tersebut, warga Desa Sampuabalo spontan melakukan serangan balik dan bentrokan pun tak terhindarkan.

Pantauan Koransultra. com, sejumlah petugas keamanan polres buton dan Brimop polda Sultra telah disiagakan di TKP persimpangan dua desa Gunung Jaya dan Desa Sampuabalo. Polisi menghimbau kepada masyarakat agar terus berjaga-jaga.

Sementara itu, Bupati Buton Drs.La Bakri menyampaikan prihatin dengan kondisi bentrokan tersebut.

“Tentunya saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menahan diri dan jangan ikut terpancing dengan isu isu yang berkembang diluar sana. Baik di medsos Fb terkait kejadian ini,” ujar Bupati.

“Rencananya besok saya bersama pihak penegakan hukum akan melakukan upaya kordinasi beberapa tokoh baik dari Desa Gunung Jaya maupan Desa Sampuabalo,” tambah Bupati.

Kontributor : JN

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here