Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar [/caption

Kolaka, Koransultra.com – Banjir bandang yang menimpa beberpa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) beberapa terakhir ini membuat sejumlah rumor di masyarakat.

Ada yang menilai jika banjir bandang yang terjadi di Sultra utamanya yang menimpa warga Kabupaten Konawe Utara (Konut), diakibatkan meluapnya sungai Asera. Bahkan ada yang menuding jika banjir bandang diwilayah tersebut disebabkan dari ulah pertambangan.

Ironisnya, dua pejabat tinggi Provinsi saling silang pendapat. Gubernur Sultra Ali Mazi, menyatakan di sejumlah media jika banjir yang menimpa Kabupaten Konut merupakan kehendak Yang Mahakuasa bukan disebabkan karena aktivitas pertambangan.

Pernyataan berbeda justru dilontarkan Wakilnya Lukman Abunawas. Wagub Sultra justru menyebut aktivitas pertambangan lah yang menyebabkan banjir bandang yang terjadi di Kabupaten Konut.

“Ini memang karena di sana banyak aktivitas penambangan dan juga karena lingkungan hidup yang sudah tidak tertata dengan baik. Sehingga itu menjadi salah satu penyebab banjir di sana,” kata Lukman, pada awak media, Selasa (11/6/2019).

Sementara itu Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan, jika pihaknya bakal melakukan kajian atas banjir yang menimpa warga Konut.

“Semua itu kita akan kaji dan pelajari tentang amdalnya. Dan Kementrian Lingkungan Hidup juga bakal mempelajari lebih dahulu tentang persoalan banjir bandang ini,” ujar Rahmat Sutoyo, saat memberikan keterangan pers di acara pemancangan tiang pabrik Smelter di Kolaka.

Jika terbukti banjir bandang yang terjadi di Konut disebabkan aktivitas pertambangan, Arcandra Tahar berjanji bakal memberikan sangsi.

”Kementrian Lingkungan Hidup yang akan mengakaji persoalan dampak banjir akibat pertambangan. Jika terbukti terjadinya banjir akibat aktivitas pertambangan, maka pihak terkait tersebut bakal diberikan sangsi. Untuk itu, biarlah kementrian Lingkungan Hidup yang akan melakukan kajian terjadinya banjir didaerah tersrbut. Dan nantilah di lihat Amdalnya,” jelasnya, Sabtu (15/06/2019)

Kontributor : Asri Joni

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here