Dr. Sartiah Yusran, M.Ed.

Kendari, Koransultra.com – Menjadikan Kendari sebagai Kota layak huni merupakan salah satu misi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari.

Pemkot Kendari berencana mewujudkan misi tersebut yang berbasis Ekologi, Teknologi serta Informasi.

Walikota Kendari, Sulkarnain mengatakan, dalam mendukung sektor tersebut dibutuhkan dukungan dari berbagai sektor.

“Kota Kendari sebagai Ibu kota tentu memiliki tantangan tersendiri. Untuk itu dibutuhkan lintas sektor dalam mendukung program Kota Layak Huni,” katanya.

Menjadikan Kendari sebagai Ibukota layak huni mendapat perhatian khusus dari Kordinator Pascasarjana Program S2 Kesehatan Masyarakat Universitas Haluoleo (UHO) Dr. Sartiah Yusran, M.Ed.

Sartiah Yusran mengatakan, Potret kota layak huni, merupakan gambaran sebuah lingkungan dengan suasana kota yang nyaman untuk di tempati, dan beraktifitas sehari-hari.

“Maka membutuhkan komitmen semua elemen menjadikan kendari sebagai kota metropolitan yang layak huni,” kata Sartiah Yusran.

Lebih lanjut Konsultant Freelance Gender dan Pendidikan Sultra ini menyampaikan jika peran gender sangat substansi, karena apa menjadi garda terdepan didalam pembentukan karakter pada keluarga.

“Semisalnya  persoalan dalam rumah tangga yang begitu kompleks, hal ini akan merembet pada hal yang lebih besar,” katanya.

Walaupun ini bukan hal yang akan menyempurnakan, namun menurut dia ini menjadi pelengkap dari semua unsur-unsur.

“Terkait yang menjadi penopang dari indeks kota layak huni, responsif gender menjadi solusi, walaupun masih banyak yang perlu di benahi, sudah layak tapi masih diperlukan perbaikan dan peningkatan,” ujarnya.

Kontributor : Dekri

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here