Pemkot Kendari Luncurkan Program Aplikasi Jendela Informasi Infrastruktur

Kendari, Koransultra.com – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggagas dan meluncurkan program aplikasi Jendela Informasi Infrslastruktur kota Kendari berbasis elektronik spasial geoportal.

Kegiatan yang digagas melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU PR) Kota Kendari tersebut dilakukan langsung oleh Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, di Kendari, Senin.

Sulkarnain Kadir, mengapresiasi dan mendukung kegiatan dan inovasi itu karena itu merupakan bagian dari implementasi visi kota Kendari yakni kota layak huni berbasis ekologi, informasi dan teknologi.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat bisa mengetahui dan melihat langsung kegiatan pembangunan termasuk mengecek apa-apa yang sedang dan akan diwujudkan di Kota Kendari, itu yang kita mau. Selama ini masyarakat terbatas informasinya, sehingga kadang-kadang tidak sadar apa yang mereka komplain sudah dalam tahap perencanaan,” katanya.

Melalui aplikasi tersebut katanya, informasi tentang akurasi pembangunan infrastruktur di Kota Kendari sudah bisa dipantau langsung melalui HP android, karena dilengkapi dengan titik-titik koordinat sehingga jarak tempuh, panjang jalan bisa dihitung langsung, waktu pekerjaan dan umur suatu bangunan atau jalan.

“Yang terpenting lagi bahwa dengan aplikasi ini dapat menarik investor, karena pihak-pihak lain tertarik mau berinvestasi di daerah lain kalau informasi yang lengkap dan mudah diakses,” katanya.

Kepala Dinas PU PR Kota Kendari, Erlis Sadya Kencana, melaporkan bahwa untuk sementara aplikasi itu baru memberikan informasi infrstruktur terkait perhubungan, pendidikan, Pertanian, Kesehatan dan Kominfo Kota Kendari.

“Tetapi kedepan akan kita kembangkan terus sehingga informasi infrastruktur semua OPD bisa di akses melalui aplikasi tersebut,” katanya.

Menurut Erlis, masyarakat yang mau mendapatkan informasi tersebut bisa mengakses melalui aplikasi Android melalui portal geoportal Kendarikota.go.id.

“Tetapi portal geoportal Kendarikota.go.id saat ini sedang error ada gangguan di pusat, namun sudah ada link alternatif yang disiapkan yakni geoportalkendari.alfasigma.id,” katanya.(SMSI)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here