Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Kolaka, Sri Ika Handayani Foto: Andi Hendra/ Koransultra.com

Kolaka, Koransultra.com – menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 74, Rumah Tahanan (Rutan) klas IIb Kabupaten Kolaka, mengusulkan sebanyak 134 Narapidana untuk mendapatkan remisi pada 17 Agustus mendatang.

Warga binaan penghuni Rutan Kolaka saat ini sebanyak 340 orang, diantaranya 195 Narapidana dan 145 Tahanan yang merupakan titipan Kejaksaan Dan Kepolisian. Sebanyak 134 Narapidana diusulkan ke Direktorat Jendral Permasyarakatan ( DirjenPas) untuk mendapatkan remisi pada perayaan hari Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74.

“Kami mengusulkan 134 warga binaan ke Dirjenpas untuk mendapatkan remisi, 133 Orang untuk Remisi Umum (RU) dan 1 untuk Remisi Khusus (RU), terkait jumlah remisi yang diusulkan, kemungkinan tanggal 16 Agustus baru ada keluar dari Dirjenpas,” tutur Sri Ika Handayani Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kolaka saat ditemui diruang kerjanya, kamis ( 14/8/19 ).

Mengenai RU 1 kata Sri Ika, itu artinya napi yang masih harus menjalani sisa masa tahanan, sedangkan RU 2 artinya napi tersebut bisa langsung pulang saat menerima remisi.

“Secara administrasi dan substantif sudah lengkap semua kami kirimkan, dan biasanya yang belum keluar namanya di SK remisi itu karena ada hal yang masih kurang, biasanya warga binaan yang mendapat remisi adalah mereka yang dianggap berkelakuan baik, aktif dalam kegiatan Rutan, atau lainnya, itu akan dinilai oleh tim pengamat pemasyarakatan yang ada dirutan,” Kata Sri Ika.

Lanjut Sri Ika, jika Rutan Kolaka sudah sebenarnya sudah melebihi kapasitas, dimana jumlah penhuni rutan kolaka yang ada sudah melebihi batas maksimal, namun semua bisa tertangani dengan baik agar para warga binaan tetap mendapatkan kenyamanan dalam menjalani proses hukuman.

“Kapasitas Rutan Kolaka, itu maksimal 150 Penghuni, namun sekarang sudah berjumlah 340 Penghuni yang terdiri dari tahanan dan narapidana, namun semua bisa tertangani, baik dari jumlah penghuni perkamar maupun bama (bahan makanan) bagi para penghuni rutan yang ada,” kata Sri Ika

Ia menambahkan, rutan kolaka rutin memberikan kegiatan kepada seluruh warga binaan yang ada, baik itu kegiatan kesenian, musik dan lainnya, agar mereka merasa terhibur dan nyaman selama menjalani hukuman.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here