Kolaka, Koransultra.com – Memasuki hari ke 8 pelaksanaan opersi Patuh yang digelar secara nasional, SatuanLalu Lintas Polres Kolaka telah menindaki sebanyak 538 pelanggaran lalu lintas.

“Kami telah menindaki sebanyak pelanggaran lalu lintas sejak opersi paruh digelar di kabupaten kolaka. Kata Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Kasman melalui Paur Humas Polres Kolaka Bripka Riswandi diruang kerjanya Jum,at ( 6/9/19).

Riswandi mengatakan salah satu tujuan operasi tersebut digelar untuk menekan angka kecelakaan di wilayah kolaka

“Mengurangi angka kecelakaan dan membangun budaya tertib berlalu lintas serta meningkatkan pelayanan,” katanya.

Operasi Patuh Anoa 2019 di Kabupaten Kolaka, melibatkan seluruh satuan personel lalu lintas Polres Kolaka.

Riswandi menuturkan, seluruh wilayah di Kolaka akan menjadi target dalam operasi ini. Nantinya, pihak Polres yang akan menentukan titik-titik lokasi operasi.

“Seluruh wilayah sampai wilayah Polres akan menjadi lokasi operasi, nanti titik-titiknya akan ditentukan oleh Polres setempat,” tuturnya.

Operasi Patuh Anoa 2019 menyasar setidaknya tujuh jenis pelanggaran, yakni pengemudi yang melawan arus, penggunaan rotator atau sirine yang tidak diperuntukkan, dan penggunaan ponsel saat mengemudi.

Selain itu, pengemudi yang tidak menggunakan helm SNI, pengemudi yang menggunakan narkoba atau minuman keras, pengemudi berusia di bawah 17 tahun, dan pengemudi yang mengendarai mobil melebihi batas kecepatan juga masuk dalam target operasi.

“Namun ada tiga sasaran yang menjadi prioritas yakni pengemudi yang melawan arus, penggunaan rotator, dan pengemudi yang masih di bawah umur,” ucap Bripka Riswandi.

“Dengan dilaksanakannya Operasi Patuh Anoa-2019 ini diharapkan hal tersebut dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mematuhi segala peraturan dan ketentuan dalam berlalu lintas,” himbaunya.

Selain itu operasi Patuh kali ini diharapkan mampu menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan mengurangi resiko tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, kita berharap semua pihak memberi dukungan yang positif terkait adanya operasi Patuh, sehingga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat luas terkait pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas, pungkasnya.

Riswandi Juga meneruskan himbauan Kasat Lantas Polres Kolaka AKP Kasman bersama seluruh jajarannya agar mengajak segenap elemen masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here