Kolaka, Koransultra.com – Operasi Patuh Anoa 2019 yang digelar secara nasional diseluruh tanah air sudah memasuki hari ke 8 dan telah menimbulkan efek bagi masyarakat Kabupaten Kolaka.

Hal tersebut dapat terlihat dengan banyaknya warga masyarakat yang mulai berdatangan di Polres Kolaka untuk melakukan pengurusan perpanjangan maupun pembuatan Surat Izin Mengemudi ( SIM ) baru pada Jum,at ( 6/9/19 ).

Ratusan warga rela menunggu antrian hingga berjam – jam untuk dapat menyelasaikan pengurusan perpanjangan maupun pembuatan SIM baru.

“Saya tadi datang jam 08:40 Wita, sekarang sudah pukul 10:15, sudah di foto dan tinggal menunggu panggilan saja, saya rela menunggu agar nantinya biar nyaman dan tidak kena tilang, apalagi saya lihat tiap hari ada suiping, lagian pengurusan SIM yang bayarannya tidak seberapa dan bisa digunakan selama 5 tahun, dari pada di tilang dan bayar denda hingga Rp.250.000,” Kata salah seorang pemohon SIM C baru, Inu warga Kel.Kolakasi.

Hal senadaj juga Rini salah seorang warga Kec. Baula kepada koransultra.com saat sedang menunggu antrian pembuatan SIM C baru menuturkan, jika dirinya baru mengurus SIM agar dapat merasa nyaman saat mengemudikan kendaraan dijalan raya, pasalnya SIM dan surat – surat Kendaraan lainnya merupakan hal yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara.

“Saya baru mengurus SIM, pasalnya saya baru memiliki kendaraan baru, biar merasa aman dan nyaman saat berkendara, biar tidak kena tilang dijalanan apalagi saya lihat, tiap hari ada suiping,”turur Rini

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kolaka, AKP Kasman mengatakan, jika beberapa pekan terakhir, Polres Kolaka melayani puluhan warga yang melakukan Perpanjangan maupun pengambilan Surat Izin Mengemudi (SIM) baru, hal tersebut berbeda dengan hari – hari sebelumnya.

“Beberapa hari belakang ini, Warga kolaka yang datang melakukan pengambilan SIM mengalami peningkatan berbeda dengan beberapa minggu yang lalu, hal tersebut terlihat dengan jumlah yang datang melakukan perpanjangan maupun pengambilan sim baru,” kata

menjelaskan jika sepekan tahap sosialisasi akan digelarnya operasi patuh anoa 2019, sudah terlihat peningkatan jumlah warga yang berdatangan melakukan perpanjangan maupun pembuatan sim baru, meningkat dibanding hari- hari sebelumnya.

Hal tersebut disebabkan lanjut AKP Kasman, Adanya kesadaran dan kepatuhan bagi para warga mengenai hal- hal yang wajib dimiliki saat akan mengemudikan kendaraan dijalan raya.

“Saya rasa banyaknya masyarakat yang datang beberapa hari ini, disebabkan adanya Operasi Patuh 2019 yang digelar secara nasional yang dimulai pada 32 Agustus hingga 09 September 2019, hal tersebut membuat sebagian besar masyarakat mulai menyadari dan mematuhi hal-hal yang wajib yang perlu dimiliki saat mengemudikan kendaraan dijalan raya” jelas

Untuk itu ia menghimbau kepada seluruh para pengemudi di Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur baik roda dua maupun roda empat dan kendaraan lainnya, agar melengkapi surat-surat kendaraan serta hal-hal yang wajib dimiliki saat mengemudikan kendaraan, hal tersebut demi kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Kontributor : Andi Hendra

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here