Ilustrasi

Tirawuta, Koransultra.com – Pemerintah daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), secepatnya bakal menerjunkan Helikopter Water booming dilokasi kebakaran lahan.

Helikopter bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu, dikirim guna pemadaman api yang terjadi di Kecamatan Lalolae.

Rencananya, Helikopter tersebut bakal berangkat hari ini dari Kalimantan menuju Kolaka Timur.

“Informasi yang kami terima, Kepala BNPB sudah komunikasi dengan helikopter yang bakal diberangkatkan dari Kalimantan menuju Koltim,” kata Kadis Kominfo, I Nyoman Abdi yang dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Rabu (11/9/2019).

I Nyoman Abdi memastikan jika hari ini tidak jadi diberangkatkan dari Kalimantan, kemungkinan besok pagi baru berangkat.

“Kalau hari ini tidak jadi, mungkin besok pagi baru berangkat. Dan jika berangkat besok paling lambat tiba lusa (Jumat, 13/9/2019) karena perjalanan jauh, sehingga dimungkinkan helikopter bakal transit di Makassar,” jelasnya.

Diungkapkan I Nyoman, helikopter tersebut bakal memadamkan api dilahan gambut yang terjadi di Kecamatan Lalolae.

Lebih lanjut I Nyoman, bahwasanya pemadaman api menggunakan helikopter juga bakal disaksikan langsung oleh Bupati Koltim, Tony Herbiansyah.

“Nantinya Bupati bakal saksikan pemadaman api, agar lebih maksimal pemadamannya,” ujarnya.

Kadis Kominfo juga menyampaikan, jika pihak Pemkab Koltim telah menyiagakan unit damkar untuk selalu siap siaga di Lalolae.

“Bupati juga sudah menyiagakan unit damkar untuk selalu siap siaga di Lalolae. Selain itu ada juga pembuatan dapur umum, dan pembagian masker kepada masyarakat agar tidak terkena ISPA,” katanya.

Kontributor: Dekrit

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here