Wakatobi, Koransultra.com – Gempa bumi berkekuatan 5,5 magnitudo mengguncang Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Kamis (02/01/2020). Getaran mulai dirasakan sekitar pukul 19.25 WITA.

Mag:5.5, 02-Jan-20 18:25:04 WIB, Lok:5.72 LS,125.03 BT (165 km Tenggara WAKATOBI-SULTRA), Kedalaman:10 Km, tidak berpotensi tsunami

Menurut informasi dari BMKG, pusat gempa berada di 165 kilometer arah tenggara Wakatobi dengan kedalaman 10 kilometer. BMKG menambahkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 19.38 WITA, belum ada laporan terkait kerusakan dan korban jiwa akibat gempa tersebut.

Menurut salah seorang warga asal Pulau Tomia Irwan mengatakan Gempa bumi terasa di Pulau Tomia

“Iya benar terjadi gempa disini. Getaranya terasa di Pulau Tomia, hanya saja tdk ada korban jiwa. Kami tetap waspada dengan berjaga-jaga bersama warga lainnya,” ujar Irwan kepada jurnalis Koransultra.com.

Kepala BPBD Wakatobi

Kepala BPBD Wakatobi H.Muh. Yusuf, S.Ip., MM saat di hubungi lewat hand phone celulernya mengatakan gempa yang terjadi di Kabupaten Wakatobi sekitar 165 KM tenggara Wakatobi kedalaman 10 KM di tengah laut tidak berdampak tsunami. Di empat Pulau besar di Wakatobi terasa getarannya, yang paling terasa di Desa Kulati, Kecamatan Tomia, Kabupaten Wakatobi.

“Berdasarkan informasi dari BMKG sudah disampaikan lewat whatsapp grub BPBD Wakatobi bahwa tidak berdampak stunami, karena gempa tersebut hanya berskala 5,5 Skala Richter. Gempa yang berpotensi stunami itu kecuali 6 Skala Richter keatas,” ujarnya.

Kontributor: Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here