Wakatobi, Koransultra.com – Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, menyatakan hasil uji sampel swab terhadap 7 penumpang Eks KM Dorolonda dinyatakan 6 orang positif dan 1 orang dinyatakan negatif dari virus corona atau COVID-19.

“Sudah (keluar hasil swab, red.), bahwa yang 7 orang warga Wakatobi Eks KM Dorolonda yang sudah di uji sampel swab 6 orang  positif. Dari 7 orang itu yang 1 orang  hasil swabnya negatif,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Wakatobi Muliaddin Saat Konferensi Pers, Rabu (13/5/2020).

Dia mengatakan hasil uji swab terhadap tujuh penumpang Eks KM Dorolonda tersebut keluar pada Rabu (13/5), sedangkan tujuh orang yang lainnya sudah di swab dan kita sudah kirim ke Kendari setelah itu gugus tugas provinsi yang teruskan ke laboratorium Makasar,  sampai dengan hari ini kita masi menunggu  hasilnya dari laboratorium Makasar. Semoga saja dalam minggu ini hasil swabnya sudah keluar.

“Dari delapan belas warga Wakatobi yang reaktif rapid test, 14 orang diantaranya telah dilakukan uji Swab. Pengambilan sampel lendir dua tahap dilakukan yakni pada tanggal 4 Mei dan tanggal 7 Mei yang masing-masing sebanyak 7 orang,” ujarnya.

Kata dia, untuk penanganan 6 warga Wakatobi yang sudah terkonfirmasi positif berdasarkan hasil swab masih akan berkoordinasi dengan gugus tugas provinsi dan gugus tugas Baubau. Sementara ini ke enam orang warga yang berada di Binongko tersebut sedang dilakukan isolasi dengan protokol kesehatan oleh pemerintah.

“Kita berharap jangan panik berlebihan dan semua kita akan lakukan sesuai protokol kesehatan terutama yang sudah terkonfirmasi positif. Kemudian hindari tempat-tempat keramaian. Saya ingatkan agar selalu menggunakan masker, selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang seimbang terutama sayur-sayuran dan buah-buahan,” tutupnya.

Kontributor: Surfianto Nehru

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here