Pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api Foto : Bang Dek

Kolaka, Koransultra.com – Sekitar 3 ha lahan gambut di Desa Watalara, Kecamatan Baula, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara, terbakar pada Kamis, (30/7/2020).

Belum diketahui apa penyebab kebakaran lahan tidur itu, namun pihak kepolisian tengah menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Dari keterangan saksi mata dilokasi kebakaran, api tersebut berawal dari lahan yang dekat dari pemukiman warga. Api dengan mudah menjalar disebabkan angin yang bertiup kencang dari arah timur.

”Awalnya api kecil, namun karena kencang angin menyebabkan api mudah menjalar. Sumber api tidak jauh dari pemukiman warga,” ujar Safrin, warga sekitar.

Akibat angin kencang, membuat sejumlah anggota pemadam kebakaran kesulitan dalam memadamkan api. Apalagi lahan yang kering menyebabkan api mudah menjalar ke lahan lain.

Kepala seksi pemadam kebakaran Kolaka, Harlis Sea menuturkan, lokasi kebakaran di Desa Watalara hampir setiap tahunnya terjadi, saat musim kemarau tiba.

”Kami juga belum mengetahui apa penyebab utama dari kebakaran lahan tersebut,” terang Harlis pada Koransultra.com

Minimnya sumber air di lokasi kebakaran, menjadi kendala saat upaya pemadaman lahan oleh petugas damkar.

Kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Kolaka dikhawatirkan bakal terjadi dibeberapa tempat, mengingat musim kemarau diprediksi terjadi di dua bulan kedepan.

Kontributor : Bang Dek

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here