Unaaha, koransultra.com– Untuk meningkatkan produksi panen petani, pemerintah desa Puundombi kecamatan Tongauna Utara melakukan kegiatan pembuatan tersier.

Kades puundombi, safruddin yang ditemui awak media, mengatakan pembangunan tahap pertama tersier sepanjang 1 kilometer tersebut menggunakan anggaran dana desa tahun 2021 dengan total anggaran mencapai 86 juta.

“Sistem pengerjaannya berupa padat karya tunai, pekerjanya melibatkan masyarakat setempat,” ujar sarifuddin.

Sebagai kepala desa, Safruddin, tidak memungkiri, air menjadi salah satu persoalan bagi warganya yang bertani dilahan 2 desa Puundombi kecamatan tongauna utara.

Sehingga hasil panen sebagian petani tidak memadai hal itu dikarenakan keterlambatan pengolahan yang disebabkan aliran air tidak maksimal,” karena aliran air tidak merata dan sering terlambat, areal atas itu panennya hanya berkisar 2 sampai 3 ton saja.” Tuturnya.

Selain itu, dikatakan program tersebut adalah salah satu wujud ikut sertanya pemerintah desa ikut mendukung pemerintah kabupaten konawe dalam program sejuta ton beras

“Semoga mampu mendongkrak hasil panen warga, dan kami warga desa Puundombi bangga ikut serta dalam keberhasilan mewujudkan program sejuta ton beras serta menjadikan konawe sebagai salah satu tiang penyanggah provinsi Sultra,” pungkasnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here