Kadis BPMD Konawe

Unaaha, koransultra.com – Sebanyak 168 desa di Kabupaten Konawe akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa, tetapi sosialisasi pemilihan kepala desa  belum berjalan, itu dikarenakan Peraturan Daerah (Perda) perubahan atas perda Nomor 04 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Desa Kabupaten Konawe masih dalam proses pengkajian di Biro Hukum Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Konawe,  Keny Yuga Permana S.STP, M.AP mengatakan setelah Raperda ditetapkan sebagai Perda selanjutnya Pemerintah Daerah dalam hal ini Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa akan mengeluarkan Peraturan Bupati sebagai aturan turunan dari Perda itu.

“Perbup ini juga nantinya akan dikonsultasikan di Biro Hukum Provinsi. Jadi masih agak lama baru dilakukan sosialisasi,” katanya pada awak media, Selasa 8 Februari 2022.

Ia menuturkan walaupun rencana Pilkades serentak di Konawe akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2022 mendatang, Keny menyebut itu tidak akan mempengaruhi tahapan, semua akan berjalan sesuai rencana.

Lanjut keny, dalam pemilihan kepala desa pemerintah daerah Konawe menyediakan anggaran sebesar  15 juta / desa dengan total anggaran sebesar 2,5 Miliar. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2022.

“ Jadi sosialisasi itu tidak berjalan lama, walau agak telat Perda dan Perbup-nya itu tidak berdampak ke tahapan pelaksanaan,” tutupnya.

Laporan : Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here