Kendari, Koransultra.com – Jajaran Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) secara serentak memperingati Hari Juang Kartika (HJK) ke-73 tahun 2018, Sabtu (15/12/2018).

Khusus di wilayah Korem 143/Halu Oleo, peringatan Hari Juang Kartika Ke-73 tersebut, dilaksanakan secara terpusat di Lapangan upacara Korem 143/Halu Oleo Kota Kendari Sultra.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa, melalui Komandan Korem (Danrem) 143/Halu Oleo, Kolonel Arm Dedi Nurhadiman, SIP, dalam amanatnya menyampaikan beberapa hal penting soal komitmen TNI Angkatan Darat untuk tetap mengabdi dan membangun bersama rakyat.

“Tema Hari Juang Kartika Tahun 2018 ini TNI AD tetap mengabdi dan membangun bersama rakyat. Hal ini sangat tepat untuk merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD, dalam mengemban amanat perjuangan rakyat dalam membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia,” ungkap KSAD dalam amanatnya.

IKLAN KPU

KSAD juga mengingatkan peristiwa“Palagan Ambarawa ” menjadi sejarah besar bangsa Indonesia dalam mengusir dan mempertahankan kemerdekaan yang telah di proklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 sebelumnya. Torehan Emas itu disebut sebagai tonggak bersejarah yang memperlihatkan sinergitas apik prajurit TNI dan rakyat dalam melawan kolonial Belanda.

“Semangat patriotitisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian, keikhlasan, serta kerelaan berkorban dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ungkapnya.

Untuk itu, Jenderal TNI, Andika Perkasa meminta kepada generasi muda agar menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai pendorong pengabdian. Sebab Menurut dia, Indonesia kedepan menghadapi tantangan kompleks dan dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus kedepan, guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang kuat, tangguh, modern, dan profesional,” tutup KSAD dalam amanatnya.

Usai kegiatan puncak HJK Ke-73 dilanjutkan dengan Acara tambahan diantaranya Pemberian tali asih kepada warakawuri, veteran dan pejuang serta pemberian tali asih kepada warga yang tidak mampu. Penanaman pohon secara simbolis oleh Unsur Muspida Sultra dan dilanjutkan acara Acara ramah tamah di Mako Korem 143/Ho.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulawesi Tenggara Brigjen Pol Iriyanto, S.I.K, Ketua DPRD Sultra drs H. Abdurahman Saleh, M. Si, Sekda Provinsi Sulawesi Tenggara, Pejabat Utama Polda Sultra, Danlanal Kendari, Danlanud HLO, Kabasarnas, Kasat Brimobda Sultra, Kajati (diwakili), Kabinda (diwakili), Ktua Pengadilan Negeri (diwakili), Ka BNN (diwakili), Kasrem 143/HO, dandim 1417/Kdi, Kapolres Kota Kendari, Ka Bandandara HLO,Dan/Ka Disjan jajaran Korem 143/HOPara Kasi Rem 143/HO, Ka BRI, Ka BNI (diwakili), Kakanwil (diwakili), Rektor UHO (diwakili), OJK dan Ketua Persit Koorcab Rem 143 PD XIV/Hasanuddin beserta pengurus.(Rilis/Koransultra.com)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here