Ikut Mencerdaskan Bangsa, Kendari English Club Goes To School Ke SDN 19 Abeli

Kendari, Koransultra.com – Kendari English Club (KEC) melaksanakan goes to schooll di SDN 19 Abeli pada Sabtu (06/04).

Hasra, S.P.d selaku Pendiri KEC mengatakan bahwa salah satu program yang ada di KEC saat ini adalah KEC goes to school, program ini berdasar keadaan yang ada saat ini di Indonesia yaitu pelajaran bahasa inggris sudah ditiadakan di jenjang sekolah dasar atau tidak lagi menjadi mata pelajaran khusus tapi telah menjadi mata pelajaran Mulok (Muatan Lokal)

“Dan faktanya tidak semua sekolah dasar menjalankan itu karena tidak ada guru bahasa inggris yang mau mengabdi di sekolah dasar karena tidak adanya mengakuan SK mengajar bahasa inggris,”ungkapnya ketika ditemui di SDN 19 Abeli.

Ikut Mencerdaskan Bangsa, Kendari English Club Goes To School Ke SDN 19 Abeli

Ia menjelaskan bagi honorer mengajar di sekolah dasar yang tidak diakui SK ngajarnya akan merasa rugi di segi masa depannya karena memiliki honor kecil dan SK ngajarnya juga tidak bisa dipakai.

Beruntungnya kalau sekolah memiliki wali kelas yang berjurusan bahasa inggris atau ada guru yang bisa bahasa inggris masih mengadakan mata pelajaran bahasa inggris tersebut walaupun hanya menjadi mata pelajaran mulok.

Bagi sekolah yang masih mengadakan mapel bahasa inggris mungkin merasa aman ketika siswanya masuk ke jenjang SMP, tapi kesulitan bagi sekolah yang telah menghapus total mapel bahasa inggris di sekolahnya, siswa mereka kesulitan untuk memasuki jenjang SMP dan itu akan menjadi problematika buat guru- guru SMP kelas 10 untuk mengajarkan bahasa inggris ke para siswanya.

Karena tuntutan silabus dan harus sudah bisa setidaknya memperkenalkan diri namun mau mengajarkan alphabet lagi ke siswa yang tidak mendapatkan mapel bahasa inggris di sekolahnya dulu (SD).

“Dan itu yang terjadi terutama di Kendari. Dari problem itu sekiranya sesuai dengan salah satu misi KEC yaitu tidak hanya menerima namun juga berbagi yang artinya di KEC semua anggota tidak hanya belajar tetapi juga harus berbagi salah satunya ilmu yaitu ilmu bahasa inggris,”ungkapnya.

Ia terangkan KEC goes to school merupakan program kunjungan ke sekolah- sekolah di kendari terutama sekolah- sekolah dasar yang tidak medapatkan lagi mapel bahasa inggris dan memperkenalkan bahasa inggris ke mereka bahwa bahasa inggris itu menyenangkan lewat metode- metode yang diajarkan KEC.

Adapun harapan setelah kegiatan ini dengan bisa berbagi ilmu dan memperkenalkan bahasa inggris ke sekolah-sekolah tersebut, para siswa tidak lagi buta total terhadap bahasa inggris dan bisa memiliki gambaran sedikit ketika memasuki jenjang SMP.

“Dan yang paling penting para siswa tidak lagi mengganggap bahasa inggris itu sebagai mapel yang harus dijauhi karena pada dasarnya bahasa inggris itu menyenangkan tergantung cara belajarnya kita sendiri,”tegasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SDN 19 Abeli, Hanafi.S.Pd merespon baik kedatanagn KEC disekolah yang Ia pimpin tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh KEC. Anak-anak juga kalau sudah tamat pasti lanjut ke tingkatan SMP, dimana di tingkatan itu mereka akan belajar bahasa inggris, kedatangan KEC ini bisa jadi modal berharga di tingkatan SMP untuk lebih meningkatkan pengetahuan mereka tentang bahasa inggris,”pungkasnya.

Kontributor : Surfianto

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here