Unaaha,koransultra.com– Pemerintah daerah Kabupaten Konawe menggelar Deklarasi Damai Pilkada 2024 pada Sabtu (21/9/2024) di salah satu hotel di Kecamatan Unaaha. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Pj Bupati Konawe, Stanley, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, dan perwakilan dari KPU, Bawaslu, Kemenag, DPRD, organisasi kepemudaan, organisasi adat, dan ormas di Kabupaten Konawe.

Pj Bupati Konawe Stanley dalam sambutannya berharap agar pilkada di Kabupaten Konawe berlangsung aman dan damai sesuai amanah undang-undang. Ia menekankan pentingnya dukungan dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan pilkada damai.

“Pelaksanaan pilkada merupakan salah satu tugas dan tanggung jawab kami, oleh karena itu kami berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat sehingga pilkada damai dapat kita wujudkan,” ujar Stanley.

Sementara, Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi menyampaikan bahwa Deklarasi Pilkada Damai merupakan bagian dari rangkaian Operasi Mantap Praja Anoa-2024 yang bertujuan untuk mewujudkan Pemilukada 2024 aman, tertib dan damai.

Operasi ini akan dilaksanakan melalui pendekatan preemtif, preventif, dan penegakan hukum. Pendekatan preemtif dilakukan dengan deteksi dini terhadap potensi kerawanan, pembinaan, dan penyuluhan kepada masyarakat. Sementara pendekatan preventif dilakukan dengan kegiatan pencegahan yang akan mengganggu atau berpotensi menghambat gelaran pesta demokrasi.

“Operasi ini bertujuan mewujudkan Pemilukada 2024 aman, tertib dan damai,” ujarnya.

Kapolres juga menekankan pentingnya pola cooling system dan memaksimalkan kegiatan patroli gabungan 3 pilar (TNI-POLRI-Pemda) untuk menjamin keamanan dan ketertiban masyarakat.

Menutup sambutannya, Kapolres Konawe menegaskan bahwa menjaga situasi kamtibmas merupakan tanggung jawab semua pihak.

“Tugas menjaga situasi kamtibmas bukan hanya tugas TNI Polri tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua yang pada akhirnya akan berdampak terselenggaranya pemilukada kabupaten Konawe tahun 2024 aman, tertib dan damai,” tutupnya.

Kegiatan ditutup dengan penandatanganan deklarasi pemilukada Konawe tahun 2024 oleh seluruh undangan yang hadir. Deklarasi ini menjadi bukti komitmen bersama untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pilkada berlangsung.

Laporan: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here