Unaaha,koransultra.com– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe menggelar Bimtek dan Simulasi pemanfaatan web BIOPORTAL dan web Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) untuk para kepala sekolah dan proktor AN di wilayah zona 4, meliputi Kecamatan Meluhu, Eks Anggotoa Wawotobi, dan Konawe.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe, Suriadi, dan dihadiri oleh Kesi kurikulum Dikbud Konawe, Risaldin, serta para kepala sekolah dan proktor AN zona 4.

Saat di temui, Suriadi menjelaskan bahwa Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program untuk menilai mutu sekolah, madrasah, dan program kesetaraan di tingkat dasar dan menengah. Program ANBK secara online dan semi daring dapat dilakukan di sekolah dan menggunakan komputer.

“Jadi di Asesmen Nasional berbasis komputer ini menjadi tolak ukur bagi pencapaian raport pendidikan terutama kepala sekolah dan tenaga pendidik.”Kata Suriadi.

Suriadi menambahkan bahwa di Konawe, penerapan Asesmen Nasional Berbasis Komputer di sekolah telah diterapkan selama 4 tahun. Ia berharap dari kegiatan bimtek ini, para operator satuan pendidikan dapat meminimalisir kendala dan hambatan, serta berperan aktif dan terus berkomunikasi dan berkoordinasi dengan tim teknis, sehingga progres ANBK berjalan lancar.

“Saya harap setiap kepala satuan pendidikan mengikuti kegiatan tersebut dan memberikan edukasi kepada siswa peserta ANBK dan menjadikan raport pendidikan menjadi rujukan dalam menyusun program yang ada dalam satuan pendidikan.” Tutupnya.

Suriadi juga menjelaskan bahwa Asesmen Nasional terdiri dari tiga instrumen yakni Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid.

Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid dan Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Dengan bimtek dan simulasi ini, Dikbud Konawe menunjukkan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan ANBK dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe.

Laporan: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here