Unaaha,koransultra.com– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Konawe terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di wilayahnya dengan menggelar Bimtek dan Simulasi pemanfaatan web Biofortal dan ANBK bagi para Proktor dan Teknisi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) jenjang Sekolah Dasar di Zona 6 Kecamatan Sampara, pada Rabu (25/09).

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitas proktor dan teknisi agar pelaksanaan ANBK tahun 2024 di Kabupaten Konawe berjalan lancar.

Kepala Seksi Kurikulum Dikbud Konawe, Risaldin, menekankan pentingnya Asesmen Nasional dalam meningkatkan mutu pendidikan. “Asesmen Nasional adalah hasil evolusi dari evaluasi belajar mengajar selama puluhan tahun dan memegang peranan penting dalam mengukur serta mengambil kebijakan untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar,” ujarnya.

Risaldin juga menjelaskan bahwa hasil ANBK tahun 2023 telah dirilis di bulan April 2024, dan beberapa Satdik telah mendapatkan reward dari pemerintah sebagai sekolah yang dinilai berkinerja baik, berupa bantuan dana BOSP kinerja atau BOSKIN.

“Alhamdulillah kabupaten Konawe untuk hasil ANBK tahun 2023 datanya telah dirilis dibulan April 2024 dan ada delta kenaikan sehingga ada beberapa satdik yg mendapatkan reward oleh pemerintah sebagai sekolah yang dinilai berkinerja baik yakni bantuan dana BOSP kinerja atau BOSKIN.” Ujarnya.

Namun, ia mengakui bahwa masih ada beberapa kendala yang dihadapi, seperti beberapa Satdik yang perlu dibantu perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa laptop, Chromebook, serta kendala jaringan internet dan sumber daya listrik untuk Satdik yang berada di daerah 3T seperti Routa, Latoma, dan Saponda.

“Dikbud Konawe berharap agar Pemda Konawe dapat mengalokasikan lebih banyak anggaran untuk bantuan TIK bagi Satdik yang belum ada, sehingga rapor mutu Satdik dan rapor mutu daerah dapat memuaskan.” Tutupnya.

Dengan bimtek dan simulasi yang dilakukan secara bertahap di seluruh zona di Kabupaten Konawe, Dikbud Konawe menunjukkan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan ANBK dan sulingjar, serta meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Konawe.

Laporan: Nasruddin

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here