Muhamad Ahirullah SP Ketua Bapilu PDIP Muna

Raha, Koransultra.com – PDI Perjuangan Kabupaten Muna merupakan partai pertama membuka pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati Muna.

Empat Bakal Calon Bupati Muna (Balonbup) yang akan tampil di Pilkada 2020 berusaha merebut partai PDIP yang belambang kepala banteng moncong putih ini.

Pendaftaran dibuka sejak tanggal 07 berahir 13 September 2019, pertama pendaftaran yakni LM Rusman Emba Bupati Muna dan disusul Rajiun Tumada selaku Bupati Muna Barat, sedangkan dua balon lainya Syarifuddin Udu dan dr. Baharuddin mengutus penghubung untuk daftarkan Sekertariat PDIP.

“Kalau ada penghubung yang datang tetap kita membuka ruang, yang sifatnya konsultatif dan koordinasi tentang informasi umum,” ujar Muhamad Ahirullah SP Ketua Bapilu PDIP Muna, Senin 09 September 2019, sekaligus menerima pendaftaran Balon Rajiun Tumada.

Berdasarkan ketentuan partai, PDI-Perjuangan nomor 24 tahun 2017 tentang penyaringan balon yang bersangkutan datang sendiri mulai pengambilan sampai pengambilan dokumen.

“Setelah itu verifikasi dan validasi data terhadap kebenaran dan keabsahan data yang diserahkan setiap Balonbupyang mendaftar. Secara berjenjang akan dilaporkan di DPP, melalui DPD melakukan mekanisme yang sama,” imbuhnya.

Menyebut, semua balon mendaftar punya ruang dan peluang yang sama, walaupun bupati Muna LM Rusman Emba sebagai Ketua Bapilu DPD Partai PDI-Perjuangan Sultra.

“Pak Rusman sebagai kader memiliki pertimbangan sendiri, namun kalau ada faktor lain yang mempengaruhi diantaranya elektabilitas, peta politik dan peta geopolitik, nanti ada tim khusus yang mengkaji setiap balon, namun semua ini menjadi kewenangan DPP, “sampainya.

Kontributor: Bensar Sulawesi

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here