Oleh: Irman Staf BPS Konawe

Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani. Pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, Peristiwa perjuangan merupakan beberapa cerminan dari masa ke-masa bahwa semangat para pahalwan tidak pernah pudar dalam memperjuangkan hal yang sama yaitu kemerdekaan. Tidak terhitung jumlahnya, berapa banyak jasad para pahlawan yang tergeletak akibat kobaran semangat perjuangan melawan penjajahan, sehingga lahirnya kemerdekaan yang kita rasakan sudah 76 tahun lamanya.

Kemerdekaan adalah sebuah peristiwa yang merupakan tanda dari lahirnya kebebasan bangsa Indonesia. Lahirnya hari pahlawan adalah sebuah simbol untuk anak bangsa, untuk menanamkan nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang kemerdekaan, kaum muda dan milenial sebagai penerus bangsa mari tanamkan pada diri kalian bahwa di setiap waktu yang kalian lewati adalah dimana hari pahlawan itu selalu terjadi. Peringatan Hari Pahlawan bertujuan untuk mengenang kembali jasa dan perjuangan para pahlawan yang telah berjuang untuk mengusir penjajah dari Indonesia. maka ditetapkanlah 10 November sebagai hari nasional yaitu Hari Pahlawan, melalui keppres No 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959.

Tema peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 adalah “Pahlawanku Insipirasiku”. Melalui tema itu, generasi milenial Indonesia sekarang ini diharapkan dapat meneladani dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur pahlawan dalam kehidupan sehari-hari. Karena jumlah Generasi Milenial sebanyak 25,87 persen dari total populasi penduduk indonesai Generasi Milenial yang lahir 1981-1996 atau sebanyak (69,38 juta jiwa) hasil Sensus Penduduk 2020, dengan hasil sebanyak ini diharapakan dapat memiliki semangat dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa yang dilandasi nilai kepahlawanan. Adapun Hari Pahlawan tahun 2021 memiliki logo dengan 5 simbol yang memiliki filosofi kepahlawanan. Dalam logo itu tampak bambu runcing yang disematkan Merah Putih.

Terlihat pula tangan yang menggenggam bambu runcing tersebut. Berikut makna dan filosofi logo tersebut menurut Kemensos:
1. Bambu runcing merupakan senjata sederhana yang digunakan para pejuang kemerdekaan. Senjata ini merupakan simbol keberanian para pahlawan dalam menghadapi kolonialisme.
2. Menolong Pahlawan merupakan orang yang mengorbankan kenyamanan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti dirinya.
3. Buku merupakan simbol dari sumber inspirasi generasi masa kini untuk mengetahui kisah heroik dari para pahlawan. Lewat buku generasi saat ini bisa melakukan nampak tilas perjuangan mereka. Buku juga merupakan salah satu sumber atau media inspirasi bagi pahlawan dalam menggagas kebangsaan Indonesia.
4. Bendera Berkibar Bendera merah putih merupakan simbolisasi dari sebuah bangsa dan negara yang dulu para pahlawan perjuangkan. Sebuah warisan yang kita harus jaga dengan mewujudkan tujuan bernegara: melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
5. Kepalan tangan merupakan simbolisasi dari keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Diharapkan generasi sekarang bisa memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Inspirasi di hari Pahlawan Nasional, Untuk itu sebagai generasi milenial penerus cita-cita para pahlawan, kita harus mampu memberi makna baru atas tonggak bersejarah kepahlawanan dengan mengisi kemerdekaan sesuai perkembangan zaman. Menghadapi situasi seperti sekarang kita berharap muncul banyak pahlawan dalam segala bidang kehidupan berbangsah dan bernegara. Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan yakni pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, adil dan demokratis berlandaskan agama, serta Indonesia yang bersih dan bebas korupsi. untuk mengapai Indonesia Tumbuh Indonesia Tangguh karena perjuangan adalah pergerakan. Hal itulah yang akan memicu lahirnya semangat baru untuk membawa bangsa ini kepada bangsa yang lebih maju. Karena dalam perkembangannya pemuda merupakan tumpuan terbesar bangsa untuk mengembangkan ide-ide, wawasan-wawasan serta gagasan-gagasan keilmuan yang mampu menunjang kemajuan bangsa, kemajaun bangsa tidak akan pernah terlepas dari jasa-jasa para pahlawan, akan tetapi jika generasi penerusnya tetap mampu menajaga nilai-nilai yang lebih dahulu. (RLS)

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here