Syarifudin, Plt Kepala Desa Lakarama

Raha, Koransultra.com – Dana Desa yang digulirkan pemerintah pusat dalam beberapa tahun terakhir memberi dampak terhadap peningkatan pembangunan di seluruh desa. Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat kepada seluruh desa, 74.958 seluruh Indonesia.

Syarifudin, Plt Kepala Desa Lakarama Kecamatan Towea Kabupaten Muna, mengatakan, dengan adanya dana desa, tentu akan dimanfaatkan lebih baik sehingga masyarakat dapat merasakan pembangunan tersebut.

Diantaranya pemanfaatan DD, dibidang sektor perikanan, pertanian dan destinasi wisata bahari.

Menjelaskan, fokus pada pembedayaan yang sektor perikanan, akan dikucurkan pengadaan mesin penggerak (Kating-ting) dan kebutuhan alat tangkap nelayan.

Selain itu, bicara potensi hasil perikanan, masyarakat selaku penampung ikan dengan perkilo Rp15 ribu, berbagai kriteria ikan.

“Kita akan proritaskan sesuai kebutuhan masyarakat nelayan, agar roda perekonomian nasyarakat dapat berjalan dengan lancar,” ujar Senin, 18 Maret 2019. Ditemui saat Musrenbang.

Ternyata di desa Lakarama memiliki dua suku yakni Bajo dan Muna, masyarakatnya tidak secara menyeluruh sebagai nelayan, tetapi ada masyarakat sebagai petani ladang.

“Untuk bantuan bagi petani ladang, dalam perencanaannya pengadaan tabung semprot
serta jalan usaha tani. Selain itu kami membangun prasarana air bersih serta wisata bahari yang akan dikelolah melalui Bumdes,” cetusnya.

Kontributor : Bensar

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here