Salah satu bukti postingan akun facebook yang dilaporkan Asosiasi Nakes ke Polres Kolut. Foto Is

Lasusua, Koransultra.com – Asosiasi Tenaga Kesehatan (Nakes) Kolaka Utara (Kolut), melaporkan tiga akun di media sosial Facebook ke Polisi, Sabtu (4/7/2020).

Akun-akun facebook tersebut dilapor setelah mengunggah sebuah status disalah satu forum diskusi Kolaka Utara yang menuding pihak Nakes merekayasa data pasien corona.

Juru bicara (Jubir) gugus tugas penanganan covid-19 Kolut dr. Syarif Nur membenarkan pelaporan tersebut.

“Ya benar. Kami melaporkan tiga akun facebook ke polisi karena diduga melakukan fitnah di media sosial terhadap petugas medis yang menangani kasus corona di kolut,” kata dr. Syarif Nur.

dr. Syarif mengatakan, ada beberapa asosiasi yang ikut melaporkan akun tersebut yakni Ikatan Dokter Indonesia (IDI) kolut, Persatuan Perawat Nasional Indonesoa (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kolut serta Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kolut.

Asosiasi Nakes tidak terimah tudingan tersebut. Ia menilai cuitan dari pemilik akun-akun facebook telah melecehkan profesi tenaga kesehatan. Apa lagi kata dia, banyak laporan masyarakat terkait tudingan kepada pihak Nakes yang mengarah kepada fitnah.

“Ada cuitan salah satu akun yang menuliskan beberapa kalimat seperti pemberian fasilitas mewah kepada pasien positif dan jumlah yang dianggap palsu. Dari cuitannya sudah menuduh dan memfitnah seakan-akan ada rekayasa makanya kami tidak terimah,” tegas dr. Syarif.

Menurut dr. Syarif, tulisan akun-akun tersebut dapat menggiring opini masyarakat ke hal negatif terkait profesi Nakes yang menangani corona. Ia berharap agar pihak kepolisian dapat mengusut tuntas akun-akun yang melecehkan profesi Nakes.

Sementara itu, Kasat reskrim polres kolut, Iptu Ahmad Fatoni telah menerima laporan dari pihak Nakes.

“Laporannya sudah kami terima dan sementara kami lakukan proses penyelidikan terkait tudingan beberapa akun yang diduga menyudutkan dan melecehkan profesi Nakes,” pungkasnya.

Kontributor : Fyan

Desain Terbaru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here